Rabu, 25 Oktober 2017

Sumpah Pemuda

Assalammualaikum WR. WB.

Di postingan kali ini, aku mau bagi sedikit informasi tentang Sumpah Pemuda....



  •   Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. 
  •    Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres pemuda kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).
  •  Keputusan ini diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

       istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda
Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia

 Hasil gambar untuk sumpah pemuda
                                     Hasil gambar untuk sumpah pemuda
 Pesan yang dapat kita ambil dari peristiwa sumpah pemuda : Hari Sumpah Pemuda adalah hari di mana kita diingatkan lagi untuk membangun negara kita yang seharusnya kaya ini. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Mudah bagi kita untuk pergi dan tinggalkan Indonesia untuk hidup yang lebih baik, tapi meski selalu ada negara lain yang lebih hebat, hanya ada satu tanah air kita, Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengujian Kompos

Assalammualaikum man-teman...  Dipostingan kali ini, aku bakalan menguji kompos yang aku buat dengan teman sekelompokku. Mulai aja yuk! A...